7 Alasan Mengapa Sewa Rumah Lebih Berkah Daripada Ngutang Untuk Beli Rumah

Rumah atau hunian merupakan sebuah kebutuhan primer bagi setiap manusia. Rumah ialah sebuah tempat di mana seseorang itu menetap dan tinggal. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah rumah untuk tempat tinggal yang layak dihuni. Seperti yang kita ketahui bahwa di zaman yang serba mudah ini, seseorang dapat tinggal di sebuah rumah tanpa harus membelinya. Sistem ini biasa disebut dengan istilah “sewa”.


Sewa rumah merupakan sebuah sistem yang biasanya dipilih oleh beberapa orang yang masih memiliki beberapa kendala untuk membeli sebuah unit rumah. Saat ini, semakin banyak orang yang memilih menyewa rumah dibandingkan membeli rumah dengan cara berhutang. Mereka meyakini bahwa sewa rumah jauh lebih berkah daripada ngutang untuk beli rumah. Lalu, apa yang menjadi alasan sewa rumah lebih berkah dibandingkan dengan ngutang untuk beli rumah? Simak ulasannya berikut ini!

Inilah Alasan Mengapa Sewa Lebih Diminati Dibandingkan Dengan Ngutang Untuk Beli Rumah!
Untuk sebagian orang yang sudah bekerja atau menikah, tentu akan lebih serius dalam memikirkan berbagai macam hal dan kebutuhan, yang salah satunya ialah rumah.

Setiap orang yang sudah bekerja dan berkeluarga pasti akan berpikir keras tentang rencana untuk membeli sebuah rumah untuk dihuni. Namun, terkadang apa yang direncanakan tidak selalu berjalan dengan lancar. Rencana memiliki rumah atau hunian pribadi pun belum terealiasasikan karena suatu kendala yaitu karena faktor ekonomi. Oleh sebab itu, sewa rumah menjadi pilihan terbaik bagi orang-orang yang sudah ingin memiliki hunian pridadi.

Sadarkah Anda, bahwa sewa rumah itu tidak selalu merugikan! Mengapa demikian? Inilah alasan mengapa sewa rumah patut menjadi pilihan awal saat Anda ingin memiliki sebuah hunian layak namun budget belum mencukupi, antara lain:

1. Bisa pindah rumah dengan mudah 

Berdasarkan dari pengalaman beberapa orang yang telah sudah bekerja dan memiliki sebuah hunian untuk kebutuhan pribadinya, menyewa rumah merupakan keputusan yang sangat tepat. Dengan menyewa sebuah rumah, seseorang akan sangat mudah melakukan pindah rumah, jika sewaktu-waktu ia di mutasi dari pekerjaannya.

Jadi, jika dibandingkan dengan mengutang untuk beli rumah dan sewa rumah maka akan jauh lebih efisien jika Anda memilih untuk menyewa rumah saja. Hal ini sangat cocok dan diperuntukkan untuk orang-orang yang single, pekerja, maupun pasangan suami istri baru.

2. Menjual rumah sangat sulit 

Sewa rumah jauh lebih berkah daripada ngutang untuk beli rumah karena kondisi keuangan seseorang itu dapat berubah-ubah kapan saja. Bagi Anda yang belum mapan dan memiliki tabungan yang cukup banyak, berhutang untuk membeli rumah sangat tidak disarankan.
Saat kondisi keuangan Anda belum stabil dan Anda sudah memiliki tanggungan hutang rumah maka hidup Anda pun tidak akan tenang.

Hal tersebut ditambah dengan susahnya rumah untuk dijual. Saat Anda mengalami masa sulit dan mengharuskan untuk menjual rumah tersebut maka justru akan mempersulit kondisi Anda. Oleh sebab itu, sewa rumah jauh lebih aman bagi Anda yang masih dalam kondisi ekonomi yang belum stabil.

3. Lebih murah

Alasan paling simpel mengapa sewa rumah lebih berkah dibandingkan dengan hutang beli rumah karena untuk menghemat pengeluaran. Harga satu unit rumah membutuhkan banyak dana. Sedangkan untuk memiliki rumah idaman yang nyaman Anda membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Jika honor Anda dalam bekerja belum mencapai UMR maka sewa rumah jauh lebih baik dibandingkan hutang beli rumah. Dengan sewa harga rumah yang murah justru akan membantu Anda untuk tetap bisa menabung untuk kebutuhan jangka panjang.

4. Tidak perlu menabung untuk uang muka 

Menyewa sebuah rumah memang lebih berkah, hal itu karena menyewa rumah tidak memerlukan uang muka. Untuk membeli sebuah hunian, seseorang harus memiliki tabungan yang cukup untuk mencicil KPR belum lagi ditambah dengan uang muka yang nilainya cukup besar. Dengan menyewa rumah, Anda tidak membutuhkan biaya muka, Anda hanya harus membayar tagihan per bulan atau per tahunnya yang jauh lebih murah.

5. Tidak membayar pajak 

Di samping itu, sewa rumah pun tidak diberatkan dengan tanggungan pajak. Sedangkan untuk sebuah hunian, biaya pajaknya dapat bernilai dari 0.1% hingga 0.2% dari total harga rumah yang Anda beli. Jika dalam bertahun-tahun Anda harus membayar pajak dengan nilai sekian maka Anda akan sangat terbebani. Ditambah lagi jika kondisi keuangan Anda masih belum siap.

6. Tidak perlu melakukan renovasi 

Melakukan sewa rumah jauh lebih ringan dibandingkan dengan hutang beli rumah. Dengan melakukan sewa rumah, Anda tidak perlu melakukan renovasi untuk hunian yang ditempati. Sedangkan untuk rumah kepemilikan sendiri, tentunya Anda perlu melakukan renovasi atau perawatan pada beberapa properti yang rusak dan biayanya pun tidak sedikit.

7. Mengambil keputusan yang lebih baik 

Menyewa rumah menjadi keputusan terbaik saat Anda sudah menikah dan memiliki buah hati. Untuk memberi kenyamanan kepada pasangan dan anak-anak Anda tanpa mengurangi biaya pengeluaran bulanan maka sewa menjadi keputusan yang bijak untuk dijadikan sebagai tempat tinggal sementara Anda bersama keluarga tercinta.

Demikianlah alasan mengapa sewa rumah jauh lebih disarankan untuk dipilih dibandingkan hutang untuk beli rumah bagi orang-orang yang kondisi ekonominya belum stabil.

Postingan populer dari blog ini

Beberapa Wisata Unik Yang Ada di Jakarta, Berani Coba?

Mau Hijrah ke Jakarta? Intip Harga Sewa Rumah di Jakarta Saat Ini

Silahkan Foto Sepuasnya! Inilah Kumpulan Cafe Instagramable di Jakarta Pusat