Mau Hijrah ke Jakarta? Intip Harga Sewa Rumah di Jakarta Saat Ini

Jakarta adalah ibukota negara yang menjadi ikon kota metropolitan. Kota ini sebagai pusat dalam segala kegiatan pemerintahan dan juga menjadi kiblat dalam dunia bisnis, hiburan, perekonomian, industri dan sebagainya. Banyak orang yang rela untuk sekedar singgah atau bahkan memilih menetap di Jakarta. Karena dibalik berbagai pelik masalah di dalamnya, kota ini tetap menyimpan keistimewaan sendiri yang membuatnya susah untuk dilupakan.


Bila Anda adalah salah satu orang yang memutuskan untuk berhijrah dan menetap di Jakarta karena pekerjaan atau hal lainnya, maka tentunya membutuhkan tempat untuk bernaung. Tempat yang paling nyaman untuk ditinggali dan dinaungi adalah sebuah rumah. Siapapun pasti setuju bahwa rumah menjadi kebutuhan pokok yang tak bisa ditinggalkan. Justru rumah harus diperjuangkan agar bisa mendapatkan tempat tinggal ternyaman.

Tapi bagaimana jadinya jika Anda belum mampu untuk membeli rumah? Padahal Anda harus menetap di Jakarta dan belum mempunyai cukup uang untuk membeli rumah. Apalagi harga-harga rumah di Jakarta terkenal mahal. Jawabannya tentu dengan mencari rumah sewaan atau kontrakan. Kira-kira berapa harga sewa rumah di Jakarta ya? Ini dia ulasannya.

Daftar Harga Rumah Sewa Di Jakarta 

Rumah sewa atau yang sering disebut dengan kontrakan adalah sebuah rumah yang ditinggali dengan cara menyewa dalam jangka waktu tertentu. Pihak yang mengontrak harus membayar uang sewa yang bisa diserahkan per bulan atau per tahun, sesuai dengan kebijakan pemilik rumah. Mengontrak rumah bisa dijadikan solusi yang baik bila Anda butuh tempat tinggal, namun belum cukup mampu untuk membeli rumah.

Sewa rumah ini akan sangat berguna, terutama bagi Anda yang baru saja menikah. Mungkin saja Anda sedang ditugaskan bekerja di Jakarta selama beberapa waktu atau memang berniat untuk bekerja di sana selamanya. Sebelum membeli rumah yang menghabiskan uang hingga ratusan juta rupiah, Anda bisa mengontrak rumah terlebih dahulu untuk sementara.

Lalu berapakah kira-kira harga kontrakan rumah di Jakarta? Berikut daftarnya :

Rumah Bagus Pejaten Barat 

Jika Anda mencari rumah sewa di daerah Jakarta Selatan, maka Anda bisa mencoba melihat Rumah Bagus Pejaten Barat yang lokasinya berada di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Rumah tersebut memiliki luas bangunan 200 meter persegi dengan luas tanah 150 meter persegi. Rumah ini adalah rumah kosongan alias tak berperabot, sehingga Anda bisa mengisi perabotannya sendiri dengan berbagai interior yang disukai.

Fasilitas di dalam rumah berlantai dua ini terdapat 3 ruang kamar tidur, 3 ruang kamar mandi atau toilet, dapur, ruang tamu, ruang keluarga, dan sebagainya. Anda bisa menyewa rumah ini dengan harga 110 juta per tahunnya.

Rumah Sunter 

Nah, jika Anda sedang mencari rumah kontrakan di daerah Jakarta Utara, maka bisa mencoba untuk mencari rumah di daerah Sunter. Rumah ini mempunyai luas bangunan 108 meter persegi dengan luas tanah 180 meter persegi. Rumah ini telah dilengkapi oleh sertifikat hak milik.

Rumah dengan 2,5 lantai ini mempunyai 3+1 kamar tidur, 2+1 kamar mandi, carport untuk sebuah mobil dan menghadap ke barat. Kapasitas listriknya sendiri 4400 watt, dilengkapi dengan air pam, telepone 1 line, dan 2 buah AC. Harga sewanya sendiri sebesar 70 juta per tahunnya.

Rumah Taman Modern Cakung 

Apabila Anda menetap di daerah Jakarta Timur dan sedang mencari rumah sewaan, maka bisa coba periksa rumah sewa di Jalan Raya Bekasi km. 24, Cakung, Jakarta Timur. Rumah ini mempunyai luas tanah dan luas bangunan 144 meter persegi dengan kapasitas listrik 2200 watt.

Rumah dengan 1,5 lantai ini mempunyai 3+1 kamar tidur dan 2+1 kamar mandi. Untuk harga sewanya lebih terjangkau dari dua rumah di atas, yakni sebesar 40 juta per tahunnya, masih bisa dinego.

Rumah Meruya Selatan 

Selanjutnya ada rumah sewa di daerah Jakarta Barat, yakni rumah di Meruya Selatan di daerah Kembangan. Rumah sewa yang satu ini mempunyai luas bangunan 55 meter persegi dan luas tanah 78 meter persegi. Rumah ini berupa kosongan alias tak memiliki perabot dan telah dilengkapi hak milik.

Kapasitas listriknya sendiri mencapai 3500 watt dengan jumlah 3 ruang kamar tidur dan satu ruang kamar mandi. Untuk harga sewanya sendiri sebesar 40 juta per tahunnya. Rumah ini terletak di perumahan, sehingga memiliki fasilitas yang lengkap dan keamanan terjamin. Aksesnya sendiri dekat dengan jalan tol.

Rumah Mardani Raya 

Bila Anda memutuskan untuk menetap di Jakarta Pusat, maka Anda bisa menyewa rumah Mardani Raya yang beralamat lengkap di Jalan Mardani Raya, Cempaka Putih. Rumah ini tergolong lebih sederhana dengan luas bangunan 60 meter persegi dan luas tanah 78 meter mpersegi. Rumah ini juga telah dilengkapi hak milik.

Kapasitas listriknya sendiri adalah 1300 watt dengan 3 ruang kamar tidur dan 1 ruang kamar mandi. Harga sewanya pun juga lebih murah, yakni 31 juta per tahunnya. Rumah satu lantai ini juga telah direnovasi dengan fasilitas umum yang lengkap di sekitarnya.

Tips Memilih Rumah Sewa 

Ketika Anda sudah memutuskan untuk berhijrah ke Jakarta, sebaiknya carilah rumah sewa yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah beberapa tips yang harus Anda perhatikan saat memilih rumah sewa :

Hal pertama yang perlu dilakukan saat memilih rumah sewa adalah memeriksa seluruh bagian rumah, baik jumlah kamarnya, kamar mandi, listrik, air, dan sebagainya. Pastikan pula apakah rumah tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda maupun keluarga.

Lakukan survey singkat di sekitar rumah. Apakah lingkungannya bebas dari banjir serta aman dari segala macam ancaman dan gangguan.

Lakukan survey juga terhadap akses rumah ke tempat kerja, fasilitas umum, rumah sakit, transportasi umum, bank, atm, sekolah dan lain-lain.

Jangan lupa untuk meminta kontak dari sang pemilik rumah. Periksalah kembali mengenai kepastian harga sewanya, jangka waktu sewa rumah, siapa pihak yang bertanggung jawab bila terjadi kerusakan di dalam rumah, bagaimana pengembalian uang sewanya secara proporsional jika terjadi suatu masalah antara pemilik rumah dan pihak penyewa, yang mana menyebabkan penyewa tak bisa menempati rumah tersebut selama sisa masa sewa.

Yang terakhir adalah jangan lupa untuk bersosialisasi jika telah memutuskan untuk menetap di rumah tersebut. Sosialisasi dengan tetangga sangat diperlukan supaya terjalin hubungan yang baik dan dapat saling membantu.

Itulah beberapa contoh daftar harga rumah sewa yang ada di Jakarta saat ini. Seperti yang kita tahu, harga rumah sewa di Jakarta cukup tinggi. Pastikan untuk mencari rumah sewa yang sesuai dengan budget Anda. Harga di atas hanyalah beberapa contoh dari sekian banyak rumah sewa di Jakarta. Jadi, penting bagi Anda untuk mencarinya secara detail.

Postingan populer dari blog ini

Beberapa Wisata Unik Yang Ada di Jakarta, Berani Coba?

Silahkan Foto Sepuasnya! Inilah Kumpulan Cafe Instagramable di Jakarta Pusat