Tips Cepat Mendapatkan Kontrakan Nyaman Bagi Eksekutif Muda yang Baru ke Ibu Kota

Ibukota negara kita ini, yaitu Jakarta, menjadi tempat primadona dalam mencari rezeki. Banyak penduduk dari seluruh wilayah Indonesia yang mencoba untuk mengadu nasibnya di kota ini. Dari yang hanya bekerja sebagai buruh serabutan, sampai dengan orang yang sukses sebagai pegawai ataupun pengusaha. Semua itu sah-sah saja selama para pendatang tersebut tidak merugikan dan tidak membuat masalah di Ibukota menjadi semakin kompleks.


Salah satu masalah yang sering dijumpai pendatang dalam hijrahnya ke Ibukota adalah tempat tinggal. Bila mereka mempunyai sanak saudara di kota tersebut, maka masalah tersebut dapat diatasi. Tapi bagaimana jika tidak punya sanak saudara dan tak ada tempat yang bisa dituju? Solusinya adalah dengan mencari kontrakan. Hal ini juga berlaku bagi pasangan yang baru saja menikah atau sekelas karyawan seperti eksekutif muda sekalipun.

Namun tentunya mencari kontrakan yang cocok tidak semudah membalikkan tangan. Apalagi Jakarta kian padat penduduknya dari tahun ke tahun. Adakah tips-tips tertentu supaya cepat mendapatkan kontrakan yang nyaman, khususnya untuk karyawan atau eksekutif muda yang baru saja berhijrah ke Jakarta? Berikut uraian selengkapnya.

Tips Supaya Cepat Mendapatkan Kontrakan di Jakarta 

Sama dengan membeli rumah, mencari rumah sewa pun diperlukan beberapa pertimbangan. Terutama jika masa kontrak yang direncanakan akan dilakukan selama lebih dari 2 tahun. Hal ini pastinya membutuhkan pemikiran yang matang, agar tidak ada rasa penyesalan di kemudian hari yang membuat Anda harus mencari rumah sewa lain. Jika ini terjadi, tentu akan sangat merepotkan karena mencari rumah sewa tak semudah yang dibayangkan, apalagi di Jakarta.

Demi mencegah agar penyesalan tidak timbul, apa sajakah hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih rumah sewa di Jakarta? Ini dia tips-tipsnya :

Mencari Lokasi Rumah Sewa Yang Tepat 

Hal pertama yang penting untuk diperhatikan dalam mencari rumah sewa adalah lokasinya. Lokasi rumah ini perlu menjadi bahan pertimbangan bagi Anda sang eksekutif muda. Pilihlah lokasi rumah sewa yang memiliki jarak dekat dengan kantor atau perusahaan tempat bekerja. Bila Anda tidak menggunakan alat transportasi pribadi, maka pertimbangkan pula bagaimana aksesnya terhadap transportasi umum.

Pertimbangan seperti ini perlu dilakukan karena rumah sewa bersifat sementara dan Anda harus berhemat supaya bisa menyisihkan penghasilan untuk menabung yang akan digunakan untuk membeli rumah suatu saat nanti.

Bila Anda mengabaikan masalah lokasi dan transportasinya, maka akibatnya dapat merugikan diri sendiri. Misalnya saja ketika Anda memilih lokasi yang agak jauh sedangkan ke kantor harus menggunakan alat transportasi. Selain menghabiskan biaya transportasi, Anda akan kehilangan waktu karena Jakarta adalah kota yang padat dan macet.

Di samping itu, Anda juga perlu memeriksa bagaimana keadaan lingkungan di sekitar rumah sewa yang diincar. Periksalah masalah keamanannya hingga potensi dampak bencana alam yang seringkali menjadi momok utama di ibukota, yakni banjir. Akan sangat merugikan pula bila lokasi yang Anda pilih tersebut rawan akan kriminalitas dan bencana banjir.

Tanyakan Tentang Harga Sewa 

Salah satu pertimbangan yang cukup penting dalam mencari kontrakan rumah bagi Anda sang eksekutif muda adalah tentang harga sewa. Jika memilih lokasi yang dekat dengan pusat kota, maka tentu harganya akan semakin tinggi. Apalagi jika bangunannya tersebut termasuk bangunan yang baru atau direnovasi dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang canggih.

Untuk mengakalinya, Anda bisa mencari rumah sewa yang terletak di pinggiran kota, namun jaraknya tak terlalu jauh dengan kantor dan akses transportasi umumnya masih mudah dijangkau. Jangan terlalu memaksakan diri untuk mengontrak di pusat kota, karena Anda juga harus menganggarkan uang untuk biaya lainnya atau untuk ditabung.

Tanyakan secara detail dengan sang pemilik, berapa harga sewa yang harus dibayar dan apakah pembayarannya dilakukan per bulan, per triwulan, per 1 semester, atau tahunan. Ketika menandatangani surat perjanjian kontrak rumah, Anda juga harus memastikan berapa lama jangka waktu sewanya serta berapa biaya deposit atau uang muka yang harus dikeluarkan.

Usahakan untuk membayar biaya sewanya sesuai dengan perjanjian kontrak yang telah disepakati dan taatilah aturan yang diberikan oleh sang pemilik rumah. Hubungan baik dengan sang pemilik perlu dijaga, karena siapa tahu saat nantinya Anda akan memperpanjang masa kontrak, sang pemilik rumah akan berbaik hati memberikan potongan harga.

Periksa Kondisi Bangunannya 

Bila Anda sudah memutuskan untuk mengontrak sebuah rumah di salah satu wilayah Jakarta, maka jangan lupa untuk memeriksa secara detail bagaimana kondisi rumah tersebut. Apakah rumah itu memang layak huni, seperti yang dikatakan sang pemilik. Kondisi rumah dapat dikatakan dengan layak apabila cat dindingnya masih dalam kondisi yang bagus dan tidak mengelupas, air bersih dapat mengalir dengan lancar, atap tidak ada yang bocor, dan bebas dari segala hama yang dapat menyerang.

Hal ini juga membantu Anda untuk memastikan apakah bisa langsung tinggal di rumah tersebut dengan tenang tanpa harus menunggu renovasi. Pastikan pula kepada sang pemilik dalam perjanjian kontrak rumah, apakah Anda memiliki hak untuk meminta perbaikan pada rumah atau memang Andalah yang harus menanggungnya.

Perhatikan Bagaimana Kondisi Lingkungan Sekitar 

Yang dimaksud dengan kondisi lingkungan sekitar ini adalah masalah kebersihannya. Pastikan bahwa kontrakan yang akan Anda tinggali tersebut terletak di lingkungan yang bersih. Lingkungan yang bersih ini tentunya akan mempengaruhi kenyamanan Anda. Karena lingkungan yang kurang bagus lama-kelamaan bisa mengganggu  kesehatan tubuh. Jangan sampai memilih lokasi yang dekat dengan tempat pembuangan sampah atau selokan yang macet dan bau.

Cari Tahu Fasilitas Yang Tersedia 

Hal penting berikutnya yang perlu diperiksa adalah masalah fasilitas yang tersedia di sekitar kontrakan. Fasilitas ini dapat berupa pendidikan, hiburan, area untuk berolahraga, area untuk belanja layaknya minimarket atau supermarket, warung makan, atm atau bank, dan sebagainya. Fasilitas di sini bukan berarti fasilitas mewah, tapi fasilitas umum yang memang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Itulah beberapa tips untuk mendapatkan kontrakan dengan cepat khususnya bagi eksekutif muda. Untuk memilih kontrakan tentunya harus disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Rajinlah bertanya kepada rekan kerja atau siapapun mengenai informasi kontrakan. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Beberapa Wisata Unik Yang Ada di Jakarta, Berani Coba?

Mau Hijrah ke Jakarta? Intip Harga Sewa Rumah di Jakarta Saat Ini

Silahkan Foto Sepuasnya! Inilah Kumpulan Cafe Instagramable di Jakarta Pusat